Jumat, 18 Juni 2010

menyesali hal2 yg tidak mereka lakukan

Wawancara2 dgn orang lanjut usia dan memiliki penyakit yg mematikan menunjukkan bahwa orang tidak menyesali hal2 yg telah mereka lakukan melainkan sebaliknya, bahwa orang menyesali hal2 yg tidak mereka lakukan…..

Aku berani untuk membuat lebih banyak kesalahan pada masa mendatang...

Aku akan bersikap tenang, aku akan bersikap lentur....

Aku akan bersikap lebih santai ketimbang yg kulakukan selama ini dalam perjalanan hidupku...

Aku akan bersikap serius terhadap hal-hal yg tidak sebanyak dulu...

Aku akan mengambil lebih banyak peluang...

Aku akan menempuh lebih banyak perjalanan...

Aku akan makan lebih banyak es krim dan lebih sedikit kacang-kacangan...

Aku barangkali akan menghadapi lebih banyak kesulitan yg riil namun aku akan memiliki lebih sedikit kesulitan yg imajiner....

Anda tahu, aku adalah salah satu orang yg hidup secara pantas dan secara bijaksana jam demi jam, hari demi hari...

Oh, seandainya aku memperoleh momen-momenku kembali dan seandainya aku berkesempatan mengulanginya, aku akan melakukan hal2 itu lebih banyak lagi.

Sesungguhnya aku tidak akan berusaha memiliki hal2 lain. Yg kubutuhkan hanyalah tambahan momen-momen. Satu per satu dan bukannya hidup selama sekian tahun ke depan hari demi hari belaka.

Aku selama ini adalah salah satu dari mereka yg tak pernah pergi kemana pun tanpa membawa thermometer, sebotol air panas, jas hujan dan parasut

Andaikata aku dapat melakukannya lagi, lain kali aku akan bepergian dengan beban yg lebih sedikit

Andaikata aku dapat mengulangi kehidupanku, aku akan mulai bertelanjang kaki lebih awal pada musim semi dan tetap begitu pada musim gugur

Aku akan mengunjungi lebih banyak pesta dansa

Aku akan lebih sering naik komedi putar

Aku akan memetik lebih banyak bunga aster

NADINE STAIRS 85 yo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar