Jumat, 11 Juni 2010

BE A WINNER

Tugas Utama kita adalah Berelasi Baik dengan orang Lain


Suatu ketika kelinci dan kura-kura berdebat tentang siapa yang lebih cepat diantara mereka. Mereka memutuskan untuk menyelesaikan perdebatan itu dengan pertandingan. Mereka menyepakati sebuah rute dan memeulai pertandingan. Kelinci langsung memimpin dan berlari dengan lincah selama beberapa saat. Melihat dirinya berada jauh di depan kura-kura, kelinci duduk dibawah pohon dan tertidur. Sementara itu, kura-kura berhasil menyusul kelinci dan segera menyelesaikan pertandingan. Ia keluar sebagai pemenang. Kelinci terjaga dan menyadari bahwa ia telah kalah.

Pesan moral 1 : lambat dan stabil dapat memenangkan pertandingan



Kelinci kecewa karena kalah bertanding. Ia berkata dalam hati, " ayo fikir pasti ada cara yang lebih baik". Kelinci menyadari bahwa ia kalah karena rasa percaya dirinya kelewat besar, karena kecerobohan dan kemalasannya. Andai ia tidak terlalu percaya diri, tidak mungkin kura-kura dapat mengalahkannya. Maka, ia kembali menantang kura-kura. Kura-kura setuju. Kali ini kelinci berusaha keras dan berlari tanpa henti dari garis start hingga garis finish. Ia menang beberapa mil.

Pesan moral 2 : cepat dan konsisten akan selalu mengalahkan yang lambat dan stabil, lambat dan stabil bagus, namun lebih bagus lagi cepat dan konsisten.



Kali ini kura-kura berfikir keras dan menyadari bahwa ia tidak mungkin dapat mengalahkan kelinci dalam pertandingan dengan format yang sekarang. Ia berfikir sejenak, lalu menantang kelinci untuk bertanding lagi, tetapi dengan rute yang sedikit berbeda. Kelinci setuju. Merekapun mulai berlari. Sesuai komitmennya yaitu bergerak cepat dan konsisten, kelinci meninggalkan garis start dan berlari dengan kecepatan tinggi hingga dia tiba di sebuah sungai, garis finis tinggal beberapa kilometer lagi di seberang sungai. Kelinci duduk memikirkan apa yang harus dia lakukan. Di saat yang sama kura-kura terus bergerak, masuk sungai, berenang ke seberang melanjutkan perjalanannya, dan memenangkan pertandingan.

Pesan moral 3 : Pertama kenali dahulu keahlian anda, lalu ubahlah arena pertandingan agar sesuai dengan keahlian Anda. Dalam organisasi, jika Anda seorang pembicara yang baik, pastikan Anda berkesempatan membawakan presentasi yang dapat membuat pimpinan Anda memperhatikan Anda. Melakukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian Anda tidak hanya akan membuat Anda di perhatikan, tetapi juga akan menciptakan peluang pertumbuhan dan kemajuan.



Terjadi banyak peningkatan. Saat ini kelinci dan kura-kura telah menjadi teman baik, dan mereka memikirkan beberapa hal bersama. Keduanya menyadari bahwa merekan dapat mengikuti pertandingan bersama yang saling menguntungkan.

Mereka memutuskan untuk mengikuti pertandingan, tetapi kali ini sebagai sebuah team. Mereka meninggalkan garis start. Kelinci berlari sambil menggendong kura-kura hingga ke tepi sungai. Kemudian kura-kura mengambil alih dan berenang sambil membawa kelinci di punggungnya. Di seberang kelinci kembali menggendong kura-kura dan mereka mencapai garis finis bersamaan. Keduanya merasakan kebahagiaan, kepuasan, dan kesuksesan yang lebih besar.

Pesan moral 4: memiliki keahlian dan motivasi individual memang bagus. Akan tetapi, kecuali Anda dapat bekerja dalam sebuah tim dan memanfaatkan keahlian masing-masing, anda akan selalu tampil dibawah rata-rata, karena akan selalu ada situasi dimana anda bekerja dengan sangat buruk dan orang lain bekerja dengan baik. Kerja team terutama adalah tentang kepemimpinan situasional, yaitu membiarkan orang dengan keahlian yang relevan mengambil alih kepemimpinan dalam sebuah situasi.

Perhatikan bahwa baik kelinci maupun kura-kura sama-sama tidak menyerah ketika mengalami kegagalan. Kegagalan adalah suatu peristiwa. Kegagalan tidak pernah abadi. Kelinci dan kura-kura memutuskan untuk berusaha lebih keras lagi setelah kegagalannya.



Pesan moral 5 :Kura-kura mengubah strategi karena ia telah bekerja keras semampunya, namun gagal. Dalam kehidupan, ketika berhadapan dengan kegagalan, kadang kita memang harus bekerja lebih keras dan lebih cerdas. Tetapi terkadang yang tepat adalah mengubah strategy dan melakukan sesuatu secara berbeda atau bisa jadi melakukan keduanhya.



Pesan moral 5 : Kelinci dan kura-kura juga memperoleh satu pelajaran penting lainnya. Jika kita berhenti berkompetisi dengan rival, dan justru berkompetisi melawan situasi, kita akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik.



Disadur dan diterjemahkan dari Be a Winner Everytime by Promod Batra University of Minnesota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar